Unluckiest Month Ever

Satu.

Laptop yang sudah menemani sejak 2009 baru kali ini bertingkah dan menyebabkan hard disk internalnya tak dapat diakses. Well, ketika dulu baterenya mulai soak, chargernya mulai kontak2, engselnya patah, atau LCD nya udh bergaris sedikit,gak dianggap bertingkah karena masih fully function alias masih dapat dimanfaatkan dengan sangat baik, masih dapat memenuhi tugasnya dengan luar biasa excellent 😂😁👍. 

Awalnya kupikir error ini cuman sementara, tp beberapa kali restart tetap tak bisa booting. Akhirnya berbekal live usb linux dan windows, saya mencoba recovery si windows di hdd laptop ini. Hasilnya? Nihil. Malahan muncul layar  “Your PC needs to be repaired”. 

Pada saat itu saya masih positive thinking dan beranggapan bahwa windows nya saja yang tidak dapat diakses, tapi data-data penting yang ada di partisi lain di hdd itu masih bisa diakses. Jadi usaha yg terlintas di pikiran saya pada saat itu ialah dengan membeli hdd eksternal sebagai wadah penampung isi hdd internal saya ini. Lalu tanpa pikir panjang saya tarik uang dan langsung ke toko komputer. 

Dua. 

Harddisk eksternal seharga 850ribu dan casing untuk hdd internalnya seharga 80ribu sudah dibeli. Pulang ke rumah siap untuk pindahkan data. Eh ketika dicoba ternyata hdd internal tak terdetect! 

Beragam cara dicoba lagi untuk seenggaknya mendeteksi si hdd internal, kadang cara yg sama dites sampe lebih dr 10x. Saya menyerah, dan akhirnya bawa ke servis komputer. Lima toko yang saya singgahi semuanya geleng2 kepala. Semuanya menolak bahkan untuk mencoba. Karena dari kasus2 yg pernah mereka tangani yg sudah2, tak ada cara untuk recover data pada hdd yg tak terdeteksi. Ada satu toko yang kasih pencerahan, disini gak ada servis yg bisa balikin data dengan kasus begini. Katanya, solusinya kirim ke servis yg di surabaya, itu bayar 2,5juta per 200GB, itu belom dengan beli hdd baru untuk pindahin datanya 😥. Ada lagi servis yang bilang kalo mau data di hdd itu kembali musti ganti board. Cari board hdd dg spec yg persis sama dengan hdd kita yg rusak ini, untuk kasus saya cari hdd internal WD 320 gb. Itu sama aja kayak nyari jarum dalam jerami 😰. 

Sehingga kesimpulannya hasilnya nihil lagi. Data di hdd internal tak bisa direcover. Kalo tau begini kan mending beli hdd internal aja. Hiks. Keluarlah lagi duit beli hdd internal 500 gb seharga 680ribu. 

Sampai disini, kesialan tentang laptop berakhir. Laptop udah berfungsi dengan normal kembali. Alhamdulillah. 

Tiga. 

Kehilangan uang 100ribu 😭 setelah pengeluaran yang warbiasah sebelumnya itu… Berat… 

Ceritanya dikasih duit bekal untuk ditinggal jauh (macam betol aja). Walaupun cuman 100ribu, nominal itu amat sangat teramat berharga buat saya yang udah bocor banyak kemaren-kemaren. 

Empat. 

Hilang lagi duit 50ribu dikala mau membayar bensin. Ceritanya udah ngisi full tank, pas rogoh2 kantong tas kok duit yang diharapkan terlipat rapi disitu jadi tak ada.. Sedangkan orang-orang pada ngantri di spbu itu tapi saya gak maju-maju. Akhirnya terpaksa kumpulin duit receh buat kasih ke abang spbu. Tapi nominalnya pun tak cukup. Terpaksalah ngutang dulu 😭. Duit yang diutangin sih tak seberapa, tapi malunya itu loo.. Udah isi minta yang full, tapi duitnya tak dee huaaa 😩

Jadiii apa yang bisa dipelajari dari keempat kesialan beruntun di bulan ini?? 

1. Selalu backup data penting di beberapa tempat, entah itu hard disk eksternal, flash disk, atau cloud seperti google drive, dropbox, one drive, mega sync, dsb dsb. Jadi kita selalu siap ketika data di satu tempat hilang, ada backupnya di tempat lain. Kalo kena kejadian begini kan sedih juga hilang foto2 lama jaman masih polos-polosnya, foto2 kenangan lainnya, atau data penting kerjaan. 

2. Belilah dompet, anna. Udah sekitar 8 tahun kamu gak pake dompet. Pernah punya dompet pun karena dikasih. Hadeh, gak modal banget si. 

Marilah kita menata apa-apa dengan lebih baik.. Duit dan data, perbanyaklah dan simpanlah pada tempatnya.. 

Untuk hidup yang lebih baik! 

Advertisements

One thought on “Unluckiest Month Ever

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s