Laptop, Notebook, Netbook, PC, dan tablet PC

Begitu banyak informasi berseliweran di sekitar kita. banyak nama-nama dan istilah-istilah baru yang kebanyakan orang tidak bisa membedakannya, bahkan mungkin tidak tau.

Istilah-istilah pada judul di atas merupakan nama-nama lain dari apa yang kita sebut dengan komputer. Pada dasarnya komputer (berasal dari computer: penghitung) adalah apapun yang bisa menghitung. hanya saja sekarang ini komputer lebih dispesifikasi sebagai Personal Computer.

kalau saya bikin diagram pohon, ‘Computer’ akan saya letakkan di tengah. dari situ bercabang 2: Public Computer dan Personal Computer. nah dari sini memiliki banyaaaaaaaaakkkkkk sekali cabang yang tidak bisa saya uraikan secara terperinci. secara keseluruhan, cabang-cabang yang ada pada ‘Personal Computer’ SAMA dengan yang ada di ‘Public Computer’. yang menbedakannya hanyalah SIAPA yang memilikinya. kalau yang punya hanya 1 orang berarti itu digolongkan ‘Personal Computer’. kalau yang punya lebih dari 1 orang berarti itu ‘Public Computer’.

Nah, yang tidak bisa saya bedakan ialah akronimnya, entah PC disini merujuk ke Personal Computer atau Public Computer. untuk hal itu silahkan disesuaikan dengan event. 😀

Sekarang kita bahas Notebook, Netbook, dan laptop. apakah perbedaan antara ketiganya? sebenarnya ada satu lagi: desktop. Nah lo, apa lagi itu?

Desktop berasal dari kata desk dan top. Desk=meja, top=atas. berarti desktop ialah PC yang diletakkan di atas meja.

dari sini kita jadi tau kan pengertian laptop?

Laptop berasal dari kata lap dan top. Lap=paha, top=atas. berarti laptop ialah PC yang diletakkan di atas paha.

okay,

Kalau notebook berasal dari kata note dan book, note=catatan, book=buku. berarti buku catatan. lho, apa hubungannya buku catatan dengan PC?

Notebook ini adalah sebutan untuk PC yang diumpamakan seringan dan sebesar buku catatan. berarti selama sebuah PC besarnya dan ringannya seperti buku catatan, PC tersebut disebut Notebook. (hehe,ga juga sih, mana ada PC yang bener2 seringan buku catatan, tapi setidaknya se-fleksibel itu).

berarti intinya notebook=laptop.

Kalau netbook itu spesifikasinya di bidang internetan pake sinyal wireless. jadi netbook ini didesain lebih ringan dan lebih kecil dibanding notebook/laptop.

Sekarang ada yang lebih baru lagi: Tablet PC. Apalagi sih?

Tablet PC itu adalah komputer yang bisa touchscreen. Ada banyak jenis tablet PC, ad yang bisa diputar 360 derajat, ada yang cuma monitor doang. Contohnya tablet PC tuh kayak iPad, Samsung Galaxy Tab, dan Lenovo ideaPad.

okay. hanya sekedar informasi bagi yang belum tau. Semoga bermanfaat! 😀

Sumber: http://www.google.com, Yahoo Answers, n my brother answers.

One thought on “Laptop, Notebook, Netbook, PC, dan tablet PC

Leave a comment