Sepuluh Menit #winlifeback

Benar kata orang, olahraga itu capeknya di awal aja. Pas mulai aja. Kemarin di hari kedua HIIT Cardio, berhasil melampaui rekor hari pertama yang baru 6 menit uja udah mau pingsan. Setelah disadarkan untuk gak sok-sokan set timer workout 20 menit, akhirnya kemarin saya coba untuk 5 menit aja.

Setelah 5 menit berlalu, rasanya masih bisa, capek iya, keringetan iya, tapi still manageable. Gak kayak hari pertama yang langsung lemah lunglai tak berdaya kayak hampir pitam. Surprisingly beyond my expectation. Trus nambahlah 5 menit lagi. Jadilah kemarin total HIIT cardio 10 menit dengan kalori yang terbakar 102 calori (setara dengan 3/4 porsi oats). Udah ngos-ngosan tapi dikit banget hasilnya, wkwk gak papalah yang penting gerak,biar semua lemak dan otot ini bergoyang kaget.

Good job Anna. Hari ini juga akan seperti itu insyaAllah. Btw resume makan kemarin:

Breakfast (8am) : oatmeal,oatmeal porridge,Belvita,2 pisang wak kecil2.

Lunch (3pm) : nasi merah, 1 grilled eggplant, 3 grilled mackerel kecil

Snack (5pm) : green apple, 5 pisang wak kecil2

Dinner (6pm) : mie aceh 1/4 porsi

Total kalori : 1341 cal (kelebihan, tp karena dibantu olahraga jadi masih dalam batas maksimum)

Scale (hari ini jam 7am) : 75,4 kg

Jangan kasih kendor!

Advertisements

HIIT Cardio #winlifeback

Setelah gatot menjalankan OCD, saya kembali ke jam makan biasanya. Gak ada batasan waktu,cuma batasan kalori aja. Jadi malam tetep makan selama kalori hari itu belum maksimum.

Kemarin saya pertama kali coba olahraga yang namanya HIIT Cardio. Apa itu HIIT Cardio bisa dicek di sini. Saya pakai aplikasi HIIT & Cardio Workout yg bisa didownload di Play Store. Jenis workoutnya saya pilih yang High Intensity. Pertama kali set timer pas mau workout sok-sokan langsung 20 menit. Pas dijalanin… Beuuuhhh mau pingsan di menit keenam. Bahkan duduk pun gak kuat lagi, langsung telentang tepar dan pusing. Asa mau muntah tapi ditahan-tahan. Dengan olahraga yang cuma 6 menit ini sukses membuat sekujur badan mandi keringat.

Tapi efek dari cobain workout ini langsung berasa besok paginya. Hari ini rasanya semua otot di badan ketarik, sakit iya tapi gak yang sakit banget kayak cedera. Yang paling kerasa sakit otot betis.

Kayaknya bakal lanjut lagi untuk hari ini dan seminggu ke depan buat olahraga HIIT Cardio aja. Pengennya sih bikin challenge untuk seminggu, tapi takut bullshit kayak yang udah-udah. Jadi kayaknya ya jalanin aja apa yang spontan terlintas, gak usah yang muluk-muluk. Karena seringkali yang direncanain itu malah gak jadi.

Resume kalori kemarin:

Breakfast (8am) : oatmeal, oatmeal porridge, Belvita, apel ijo

Lunch (11am) : 4 pisang wak kecil2

Dinner (3 pm) : nasi, steamed ikan kembung, sambal terasi, sayur bening

Snack (6pm) : 3 chunk silverqueen chunky bar dark choco, pepaya, sawo.

Total kalori : 1066 cal

Scale (hari ini jam 7am) : 75.8 kg

See u.

Back on track #winlifeback

Breakfast(8am) : oatmeal,oatmeal porridge

Lunch(2pm) : nasi,banyak sayur daun singkong rebus,sambal terasi,tumis bileh asam keueung

Snack (3pm) : 1 buah mangga

Dinner (9pm) : 1 cone eskrim fountain, secuil rotiboy

Total kalori : 1200 cal

Scale (hari ini jam 7am) : 76,2 kg

Padahal kemarin makan banyak kan ya? Tapi kok bisa turun? Hmm metabolisme ini membingungkanku.

Membangun itu butuh waktu #winlifeback

Hampir 2 minggu sudah menjalani perubahan pola makan. Di minggu pertama berat badan turun secara konsisten (karena clean eating). Ketika masuk di minggu kedua, secara semena2 saya mengubah pola diet, dari yg sebelumnya clean eating jadi berubah not-so-clean eating. Udah mulai menyantap bakso, nasi goreng, rengginang. Dengan dalih “yang penting kalori gak melebihi batas 1200” dan “kan OCD, yang penting makan dalam waktu 8 jam yang udah ditentukan, dari 10 pagi sampe 6 sore”.

Ternyata ya gini hasilnya. Sia-sia. Yang udah berkurang sampe hampir 3 kg, eh sampai dengan hari ini naik lagi 1,5 kg. Semuanya karena apa? Karena gak jaga makan.

Prinsip turun berat badan itu cuma 2:

1. Kalo gak mau tahan makan,berarti olahraga yang banyak. Banyak dalam artian gila-gilaan dan konsisten setiap hari.

2. Kalo gak mau olahraga, berarti tahan makan. Makanan yg clean food (least oil,sugar,salt). Harus itung2 kalori, harus kalori defisit.

Banyak juga yang combine kedua prinsip itu, clean eating sekaligus olahraga. Dan saya gak sanggup yang begitu. Cepat capek dan gak bertahan lama alias gak konsisten olahraganya.

Mungkin butuh waktu yang cukup lama bagi saya untuk mengenali tubuh sendiri. Bisanya apa. Maunya apa. Mengingat diet OCD yang saya jalani sekarang malah merusak yang ada, sepertinya saya harus kembali ke jalan yang semestinya,clean eating. Back to least oil,sugar,salt.

Oiya tentang kemarin:

Breakfast (stgh 8am): oats, oat porridge

Lunch (1pm): nasi putih, lele goreng, peyek udang setengah, sayur terong masak santan, (dibayarin atasan makan di warung).

Dinner (5pm): rengginang,jambu kelutuk 2 slice, sawo 1 buah, 4 sendok ikan tumis asam keueung.

Total kalori : 1100 cal

Scale (hari ini jam 6am) : 77 kg

Sekian terima kasih.

Drama nasi, mie ayam, dan bakso #winlifeback

Ya, makan ketiganya. Ya, naik lagi. Ya, gak olahraga. Ya, gak kapok-kapok.

Breakfast : no

Lunch (2pm) : berasa di atas angin gegara gak sarapan. Jadinya santap satu bungkus nasi full dari kantor, lauknya semur ayam dan oseng sayur.

Dinner (6pm) : mie ayam dengan bakso besar 1 buah dan bakso kecil 5 butir. 😭

Total kalori : 1014 cal (memang sih kalorinya gak melebihi batas maksimum, tapi lemaknya super tinggi)

Scale (hari ini jam 6am) : 76.5 kg.

Udah males foto2 timbangan lagi. Sekian terima kasih.

Hari Kedua OCD #winlifeback

OCD 8 jam tuh gak jauh beda sama jadwal makan ya, jadi gak berasa kayak lagi diet gitu. Gak kelaparan. Atau memang metabolisme tubuh ini masih lambat ya? Hm,mungkin perlu dikurangi jadi 6-7 jam supaya keliatan efeknya.

Breakfast (10am) : oatmeal, oatmeal porridge

Lunch (2pm) : 1 buah mangga mayan gede

Snacks (4pm): 2 bungkus soyjoy, rengginang

Dinner (5pm): 1/4 porsi nasi goreng putih, 2 potong ikan asin, 1 buah ikan kembung goreng ukuran sedang

Total kalori : 1014 cal

Scale : 75,9 kg (yap, malah naik lagi. Mungkin karena kemaren gak olahraga sama sekali)

Hari Pertama OCD #winlifeback

Setelah seminggu yang lalu berhasil nurunin 2,7 kg, seminggu ke depan rencananya diet ala Deddy Corcuzier (OCD) dengan jendela makan 8 jam.

Kemarin hari pertama OCD tapi kalorinya agak lebih banyak dari 1200 cal. Saya cuma makan dari jam 10 pagi sampai 6 sore. Cuma yang bikin kemarin kebablasan adalah makan gorengan (tahu isi lumayan gede,tempe isi ayam,beuuh)

Breakfast (10am): apel ijo, oatmeal, oatmeal porridge, kacang goreng, pie buah, risol. (Ini sarapan aja udah 600 cal sendiri)

Lunch (4pm): tahu isi 2 buah, tempe isi ayam 1, tempe isi sosis 1 (sampe sini sebenernya jatah kalori udah abis, tapi tetap lanjut dinner)

Dinner (5.30pm): pempek kecil-kecil 3 buah.

Total kalori: 1612 cal

Scale (hari ini jam 6): 75,7 kg.

Tapi meskipun kemarin makannya kelewatan, olahraganya mayan makan kalori juga (lari 2,5x puteran track blang padang). Jadi imbang-imbang lah. Semoga hari ini bisa lebih sehat lagi pilihan menu makanannya.

Track lari blang padang

Menu breakfast